Senin, 03 Oktober 2016

Menyebarkan Virus Aku Cinta Indonesia Lewat Jelajah Negeri





Indonesia dengan 33 provinsinya memiliki pesona keindahan alam masing-masing. Bentang alam nusantara begitu kaya dari pegunungan, gua, hingga pantai-pantai yang menawan. Dengan pulaunya yang berjumlah belasan ribu rasanya tak cukup waktu seumur hidup untuk menjelajahi satu-persatu kepulauan nusantara. Untuk itu Tim detikcom dengan 66 petualang ACI-nya memilih sejumlah destinasi yang mewakili masing-masing wilayah dan terangkum dalam buku ini.

 Ada enam kategori wilayah, menariknya keindahan Papua menjadi lembar pembuka disusul dengan Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, Jawa-Bali, dan NTB-NTT. Destinasi wisata ke Papua dulu tak populer. Namun ketika ada banyak wisatawan dan pesohor dunia yang memilih menikmati wisata bawah laut di Papua maka saat ini seolah banyak wisatawan yang menjadi tempat ini sebagai travel wish.

Sebelum membahas masing-masing obyek wisata di Papua, maka terdapat sekilas gambaran untuk menjelajah Papua, kapan waktu terbaiknya, bagaimana rute terbaiknya untuk durasi waktu seminggu, dua minggu, atau lebih, serta bagaimana cara menuju ke pulau kepala burung ini. Di sini bahasan pertama adalah Manokwari  yang merupakan jalur perdagangan dan pintu gerbang memasuki wilayah Papua, baru kemudian ke Biak menuju Taman Laut Kepulauan Papaido dan seterusnya. Wah...wah...wah membaca cerita tentang keindahan bawah laut Papua membuat saya ingin serius belajar menyelam.

Pulau Sulawesi juga tak kalah memesona dengan Tamat Laut Pulau Ai, Kepulauan Banda, Morotai, Bunaken, Siladen, dan keindahan Gunung Noa dan Tanjung Api. Untuk wisata bawah lautnya, Sulawesi tak kalah memukau dengan Papua.  Sedangkan di Kalimantan tak lengkap jika tak menuju Singkawang, Pecinan-nya Indonesia.  Untuk destinasi Sumatera mungkin Kalian masih asing dengan Kepulauan Banyak dan Pulau Palambak. Sedangkan untuk Jawa dan NTT-NTB, destinasi wisatanya sebagian sudah banyak dikenal.

Dari segi bahasa tiap penulis memiliki gaya bahasa masing-masing. Ada yang enak dibaca dan mengalir, ada juga yang kurang asyik dicerna. Saya kurang suka penggunaan elo, gue  dalam buku ini karena buku ini bukan hanya dibaca warga Jakarta. Kata elo, gue rasanya hanya cocok untuk buku yang diambil dari sebuah blog.

Berwisata memang menyenangkan. Selain menjadi ajang refreshing, berwisata di dalam negeri akan membuat Kalian lebih mengenal dan mencintai negeri.

Detail Buku:
Judul Buku          : Aku Cinta Indonesia: Jelajah Eksotisme Negeri
Penulis                 : Tim detikcom
Penerbit              : B-first
Genre                 : Nonfiksi, wisata, jalan-jalan
Rating                 : 7/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar