Jumat, 07 Oktober 2016

Tentang Merawat Buku


Merawat buku itu gampang-gampang susah karena Indonesia merupakan negara tropis. Ada jenis tipe kertas tertentu yang mudah sekali berubah warna alias menguning, padahal bukunya tergolong baru. Untuk itu saya melakukan inspeksi buku setiap beberapa waktu. Selain untuk mendata buku mana yang masih dipinjam kawan atau kakak juga untuk mengetahui kondisi buku terkini.
Saat ini sudah ada enam rak buku yang memuat seribu lebih buku dan majalah di rumah. Di rumah orang tua masih ada buku di lemari belajar yang belum saya ambil. Buku-buku ini ada yang berusia lebih tua dari usia saya, yaitu buku terbitan tahun 70-an. Buku Tintin juga masih ada terbitan tahun 80-an. Anehnya jika diperhatikan buku Tintin itu tidak banyak berubah, buku-buku Wild West Winnetou juga sama. Jadi dari segi kualitas dan usia buku jaman dulu juga banyak yang kualitasnya bagus.

Buku-buku ini sebagian besar saya sampuli. Buku di rumah Malang juga dulu saya beri pita untuk pembatas buku. Selain itu rajin saya bersihkan dari debu dan saya pindahkan ke rak berbeda. Seperti petunjuk di sebuah situs saya berikan pengawet berupa kantong teh celup dan kapur barus di rak buku.

Memang menjengkelkan melihat buku yang kertasnya berubah warna. Tapi lebih menjengkelkan ketika buku raib karena dipinjam tak kembali atau dicoret-coret bahkan disobeki. ,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar