Selasa, 14 Maret 2017

Selamatkan Indonesia dengan Tawa


Film dan novel memiliki relasi kuat. Banyak film bagus yang mengadaptasi dari sebuah novel terkenal, demikian sebaliknya, ada banyak novel yang dibuat setelah film tersebut sukses. Saya sendiri tidak tahu mana yang lebih dahulu apakah novel ataukah film untuk Finding Srimulat ini yang tokoh utamanya di film dibintangi oleh Reza Rahadian, Rianti Cartwright dan tentunya para pelawak yang tergabung dalam Srimulat.



Novel Finding Srimulat ini bercerita tentang ketidaksengajaan seorang entepreneur di bidang EO bernama Adika Fajar bertemu dengan idolanya masa kecil, yaitu Kadir. Adika saat itu bernasib naas. Tempat ia bekerja bangkrut gara-gara salah seorang rekan kerjanya berkhianat dengan mengambil salah satu klien penting. Ia merasa gundah luar biasa apalagi istrinya, Astrid Lyanna sebentar lagi akan melahirkan. Saat mobilnya mogok rupanya ia tengah berada tak jauh dari warung soto milik Kadir, salah satu legenda Srimulat.

Adika serasa berada di oase. Di satu sisi ia sangat senang bertemu dengan idola masa kecilnya. Di sisi lain ia merasa was-was apakah rombongan lawak idolanya itu bersedia menerima tawarannya untuk kembali melakukan pementasan. Apalagi ia tak punya modal besar untuk menghelat sebuah acara. Kadir yang sejak acara TV Srimulat sudah tidak ditayangkan lagi, sibuk mengurusi warung sotonya. Namun, ia juga bersemangat ketika Adika mengutarakan gagasannya. Ia pun kemudian mendiskusikan hal tersebut ke rekan-rekannya, Tesi, Mamiek, dan Gogon. Apakah Srimulat bisa kembali eksis di dunia seni hiburan?

Film yang disutradarai oleh Charles Gozali dan dirilis tahun 2013 ini lumayan menarik dan mengocok perut. Untuk novelnya sendiri juga lumayan asyik untuk disimak. Memang sih agak lebai karena penulisnya adalah Hilman yang dulu beken dengan Lupus-nya.

Dalam novel ini pembaca akan lebih mengenal karakter Adika dan Astrid, juga pertemuan keduanya yang mungkin agak berlebihan dan komikal. Ceritanya juga agak berlebihan dan dramatis, tapi mungkin karena difokuskan ke cerita komedi maka jadinya sah-sah saja. membaca novel ini juga jadi teringat pada almarhum Mamiek yang selalu optimis juga berpikiran matang.

Tidak terlalu menarik tapi cukup menggelitik.

Detail Buku:
Judul : Finding Srimulat: Selamatkan Indonesia dengan Tawa
Penulis : Hilman
Penerbit : Gramedia
Genre : Humor/komedi
Rating : 7/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar