Sabtu, 22 Juli 2017

Kisah Dewi Hera dan Dewi Afrodite


Siapa yang tidak suka dengan dongeng? Aku sejak kecil doyan dongeng, termasuk mitologi Yunani. Ada beberapa buku dongeng sampul tebal yang kukoleksi, salah satunya berjudul Musik Dewa-Dewa dimana tokoh utamanya adalah Hera, istri Zeus.


Hera dalam serial televisi Hercules jaman dulu, digambarkan sebagai dewi yang kejam dan ambisius. Tapi siapa sebenarnya Hera dan bagaimana ia berkenalan dengan pimpinan Dewa, yaitu Zeus?

Hera adalah putri Rea dan Kronos. Kronos membenci putrinya karena takut suatu ketika putrinya akan merebut tahtanya. Rea pun menyembunyikan putrinya ke negeri Hesperida dimana ketiga saudarinya, Dewi-Dewi Waktu akan menjaganya.Hera tumbuh menjadi Dewi yang cantik dan ia sering ditemani oleh burung merak.


Suatu ketika ia mencoba mempraktikan kemampuannya. Zeus terkagum-kagum. Ia pun kemudian bersanding bersama Zeus melawan Kronos dan para titan.

Dewi Hera dihormati akan kekuatannya dan kesetiaannya pada Zeus. Ia Dewi pelindung perempuan yang menekankan pentingnya kesetiaan. Akan tetapi sifat cemburunya terkadang membuat mata dan hatinya gelap.

Selain Hera dalam buku ini dikisahkan peran Dewi Ivi, putri Zeus dan Hera, juga derita Io, gadis cantik yang sangat dicemburui Hera. Ada juga cerita Afrodite, dewi Siprus yang sangat cantik. Ia dewi yang mengurusi pernikahan dan kasih sayang. Lantas apa yang akan dilakukan Afrodite jika ada yang melanggar ketentuannya? Apakah ia sekeras Hera?


Buku dongeng ini memiliki kisah-kisah  yang kaya pesan moral. Ceritanya mudah disimak karena bahasanya lugas. Ilustrasinya membuat buku ini asyik dinikmati siapa saja.

Detail Buku:
Judul : Mitologi Yunani: Musik Dewa-Dewa Hera-Afrodite
Penulis: Menelaos Stephanides
Ilustrator : Yannis Stephanides
Penerjemah : Dicky Komar dan Aris Munandar
Penerbit : Grafiti
Genre : Dongeng, mitologi

3 komentar: