Jumat, 07 Juli 2017

Kisah Orang-orang di Bawah Naungan Scorpio


Apakah Kalian percaya kepada zodiak? Aku mungkin satu di antara sekian orang yang sedikit percaya akan horoskop atau zodiak. Yaaaah meskipun tidak setiap saat membaca ramalannya ataupun mempercayai ramalan tersebut. Biasanya aku suka membaca ramalan buat senang-senang saja. Jika nadanya positif maka membuatku semangat, tapi jika isinya hal-hal buruk ya...buat bahan renungan saja. Namun, untuk karakter orang-orang yang dipengaruhi zodiak, ada kalanya benar, meskipun tidak semuanya. Saat aku membaca buku karya Ayu Utami dan kawan-kawannya tentang mereka yang di bawah naungan bintang Scorpio, aku terkikik. Pasangan hidupku dan beberapa kawanku itu Scorpio. Dan entah kenapa aku agak klop dengan zodiak ini. Taurus dan Scorpio apakah merupakan pasangan ideal, padahal mereka sangat bertolak belakang?

Buku berjudul Kisah Orang-orang Scorpio merupakan kumpulan cerpen. Beberapa karakternya saling terkait, tapi Kalian bisa membacanya terpisah-pisah dan loncat-loncat atau urut dari bab satu hingga ke belakang. Tokoh-tokohnya ada seorang peneliti senior bernama Syakieb, lalu ada empat dara Anita, Sinta, Inggar dan Shaula. Hanya Shaula yang berzodiak non Scorpio.

Kisah-kisah dalam karya fiksi ini adalah kisah mereka yang umum dijumpai di masyarakat dan keseharian. Ada kisah tentang perjodohan, melakukan interaksi sosial, ataupun cerita tentang perselingkuhan. Judul babnya di antaranya Pesta, Ulang Tahun, Dan Hujan pun Turun di Ujung Hari, Lingkaran Arus Shaula, Generasi Bunga, November House, Semua Akan Menjadi Lebih Baik, Pak RT dan E-KTP serta Memoar.

Ada beberapa kisah yang menarik untuk disimak pada kumpulan kisah dengan tebal sekitar 200-an halaman ini, tapi ada juga yang kebanyakan. Aku sendiri  agak enggan dan bosan membaca kisah-kisah tentang perselingkuhan ataupun perilaku bebas.

Kisah yang menarik perhatianku berjudul Pak RT dan E-KTP karya Sitta Taqwim. Kisahnya khas seperti yang biasa ditemui, bagaimana susahnya birokrasi, padahal hanya untuk urusan sederhana seperti mengurus e-KTP. Digambarkan dalam kisah ini bagaimana Inggar harus bersusah payah pulang ke Surabaya demi mengurus e-KTP.

Inggar tidak suka menemui Pak RT di kampungnya karena berlagak akrab dan suka menginterogasi.  Ia hanya ingin urusannya segera kelar dan bisa kembali bekerja. Tapi rupanya Inggar tidak bisa lolos dengan mudah. Cara penulis membawakan ceritanya asyik, seolah-olah saya bisa membayangkan bagaimana tidak menyenangkan berhadapan dengan birokrasi untuk pengurusan administrasi kependudukan hingga kini.

Kisah berikutnya yang  berbumbu pergaulan bebas adalah Cerita karya Syakieb Sungkar. Ini adalah cerita tentang Sinta yang berontak kepada ibunya karena ibunya menentang hubungannya dengan Tomi dengan alasan zodiak Tomi tidak cocok dengan putrinya. Hahaha segitunya ya. Dulu sih saya suka lihat tabel kecocokan zodiak, tapi ya buat senang-senang saja.

Menurut buku ini orang-orang Scorpio itu suka bermisterius,ada juga yang merasa dirinya lebih, ada yang judes dan siap mencapit, ada juga yang sensual dan flamboyan . Hahaha ada banyak rupa Scorpio.

Buku Kisah Orang-orang Scorpio ini merupakan salah satu dari proyek 12 Seri Zodiak yang merupakan bagian dari program Bienal Sastra Salihara 2013. Para penulisnya merupakan peserta dan pengajar kursus menulis dan berpikir kreatif yang diadakan Komunitas Salihara pada April-Juni 2013. Wah jadi pengin ikut nih, biar bisa trampil menulis seperti mba Ayu Utami.

Kalau aku bandingkan dengan pasanganku dan kawan-kawanku, tidak semua sifat tokoh di sini pas dengan perilaku mereka sehari-hari. Ya, bisa jadi sifat bukan hanya dipengaruhi zodiak, tapi juga terpengaruh oleh lingkungan tempat tinggal dan pergaulan mereka. Omong-omong aku suka ilustrasi sampul buku ini yang dikerjakan Ari Prameswari. Warna-warninya ceria dengan sosok manusia kalajengking, siap beraksi dengan capitnya.

Detail Buku:
Judul                     :               Kisah Orang-orang Scorpio
Penulis                 :               Ayu Utami, Anugrah Ratri, Dias Novita Wuri, Feuerblume, Sitta Taqwim dkk
Penerbit              :               Kepustakaan Populer Gramedia bekerja sama dengan Komunitas Salihara
Cetakan               :               Pertama, September 2013
Rating                   :               Dewasa

Skor                       :               7/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar