Cara Menjual Diri Lewat Portofolio


Menjual diri bukan berarti memamerkan diri, melainkan menunjukkan hasil karya dengan tujuan mendapatkan peluang dan pekerjaan yang lebih baik, sesuai dengan kemampuan dan latar belakang. Ada beragam teknik menjual diri yang dibahas dalam buku "8 Ways to Sell Your Self. Salah satunya dengan menyusun portofolio.


Sebenarnya apa itu portofolio? Ia berasal  dari dua istilah, porte dan folio yang berarti halaman karir. Portofolio juga bisa dimaknai sebagai koleksi dokumen yang memiliki keterkaitan dengan perkembangan karir, hasil karya dan prestasi kalian.

Untuk itu sebuah portofolio yang baik akan memerlihatkan karakteristik pribadi, pengalaman, kumpulan hasil karya, prestasi, dan daftar kemampuan atau keahlian. Buku ini mencontohkan seorang arsitek yang menunjukkan desain rumah dan bangunan yang pernah ia buat untuk klien. Seorang penulis akan menunjukkan buku yang pernah ia susun. Seorang model menunjukkan foto-foto dirinya yang pernah digunakan dalam iklan dan sebagainya.

Oleh karena portofolio disusun dalam rentang waktu tertentu maka ia perlu diperbarui jika ada pencapaian baru  Ia bisa dibuat dalam bentuk  CD, website, print, dan bentuk digital lainnya 

Dalam buku yang ditulis oleh Tony Sardjono ini juga diungkap teknik menjual diri lainnya. Kalian bisa mempromosikan diri dengan  rajin menulis artikel sesuai latar belakang, membuat blog atau juga rajin berkomentar di sebuah forum misalnya Quora 

Portofolio ini bisa disesuaikan dengan kemampuan yang ingin ditonjolkan atau sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar. Sehingga portofolio seseorang bisa saja terdiri atas dua atau lebih, misalnya ia punya kemampuan di bidang berbeda, sebagai penulis dan juga sebagai arsitek.

Dalam buku yang dirilis oleh Penerbit Raih Asa Sukses pada tahun 2009 ini dikutip sebagai quote yang menarik.  "Orang yang sukses adalah orang yang membentuk kebiasaan mengerjakan sesuatu yang tidak dikerjakan oleh orang-orang gagal" (Donald Riggs).

Nah sudah tahu Kan kira-kira seperti apa isi portofolio. Yuk mulai bikin. Kalian bisa tampilkan portofolio Kalian di LinkedIn atau di halaman blog Kalian.

Komentar

Postingan Populer