Minggu, 29 Juli 2018

"Me Time" Baca Buku untuk Kesehatan Jiwaku


Akhir-akhir ini aku kurang tidur, membuatku lemah dan rentan terhadap ancaman penyakit ini itu. Aku tak heran ketika kemudian radang tenggorokan menyerangku. Aku harus benar-benar beristirahat. Kuputuskan untuk tidak masuk, minum obat dan tidur. Aku perlu "me time" untuk kesehatan tubuhku dan jiwaku.

"Me time" diartikan sebagai waktu bagi diri sendiri. Terkadang seorang perempuan ketika sudah berkeluarga luoa bahwa ia berhak memiliki waktu bagi dirinya, tidak hanya memikirkan urusan rumah tangga, suami dan putra-putrinya. Melakukan "me time" bukanlah sesuatu yang egois. Bahkan menurutku me time berperan penting untuk menjaga seseorang tetap waras. "Me time" juga menjadi cara ia mencintai dirinya.

Saat ini "me time" ku adalah beristirahat total. Kesibukanku sebagai istri, memberi makan kucing, memasak, membersihkan rumah, mencuci dan menjemur pakaian bisa kukerjakan nanti setelah badanku enakan. Aku perlu sembuh segera agar aku bisa kembali beraktivitas.

Biasanya "me time" favoritku adalah membaca buku. Membaca buku itu perlu waktu. Dulu sebelum menikah aku mudah menyisihkan waktu. Membaca buku maraton saat hari Sabtu dan Minggu. Kini aku mencuri-curi waktu.

Ada banyak buku yang belum kuselesaikan. Buku jenis fiksi dan nonfiksi yang sebagian kudapatkan ketika mengikuti lomba dan ketika kubeli di obralan.

Waktu sempurnaku adalah membaca buku tanpa ada yang mengganggu. Ditemani musik dari radio kemudian ada segelas air minum dan setumpuk buku. Aku siap melalang buana, menjadi pemeran utama ini itu atau malah memilih jadi musuh.

Waktu di Malang aku suka sekali mencari buku bekas di jalan Majapahit. Setelah mereka pindah aku tak pernah menjelajahi. Di Surabaya ada jalan Semarang untuk penggila buku miring. Di Jakarta ada Kwitang dulu yang pindah ke Pasar Senen kini. Tempat-tempat itu dulu favorot. Alangkah senangnya jika menemukan buku langka dan buku pengarang favorit.


Aku terbangun dan tenggorokanku masih nyeri. Aku perlu sarapan dan kemudian minum obat lagi. Aku ingin segera aktif, kemudian membaca buku agar jiwaku juga tak sakit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar