Kisah Kuda Air Raksasa, Monster Legenda Skotlandia


Pagi hari pada tahun 1930 di pantai barat Skotlandia Kirstie menemukan sebuah telur ikan raksasa. Telur itu ditemukannya setelah dini harinya terjadi badai besar. Kirstie menunjukkannya pada Angus, adiknya. Keduanya kompak untuk memeliharanya.


Si Ibu nampak tak suka. Tapi si kakek yang biasanya menggerutu nampak begitu gembira. Ia menyebut bayi monster yang mirip perpaduan kuda, kura-kura, dan reptil itu kelpie. Sebuah legenda monster laut Skotlandia. Ada juga yang menyebutnya kuda air. Mereka lalu memberinya nama Crusoe.

Crusoe tumbuh demikian pesat hingga bak mandi dan kolam ikan tak cukup untuknya. Selain itu ia terlalu jinak. Ayah Angus dan si Kakek memikirkan cara agar Crusoe tumbuh sewajarnya.

Buku ini telah dilayarlebarkan. Untunglah buku aslinya tidak persis sama dengan versi filmnya yang lebih dibuat dramatis.

Kisah dalam buku ini menarik. Hubungan keluarga, kakak adik dan kakek cucunya terasa hangat. Perkenalan si Crusoe lalu bagaimana ia mengenali majikannya dan berupaya untuk hidup mandiri juga disampaikan lewat sudut pandang si kuda air tersebut.

Cerita dalam versi asli ini lebih mengalir. Enak dinikmati oleh setiap lapisan usia. Sebuah kisah persahabatan yang inspiratif antara manusia dan hewan.

Satu lagi, ilustrasi cover dan di tiap bab dalam bukunya begitu menawan.

Detail Buku:
Judul: Sang Kuda Air
Penulis: Dick King-Smith
Ilustrator: David Parkins
Penerbit: Syaifa Pressindo
Genre: Drama, fantasi
Skor: 7.5/10

Komentar

Postingan Populer