Selasa, 04 Oktober 2016

Si Tukang Blusukan


Pada tahun 2014 Indonesia mengalami hiruk-pikuk pemilu. Ada berbagai cara untuk mengenalkan dan mendongkrak nama calon, salah satunya lewat buku. Oleh karena buku berjudul Sekelumit Kisah Si Tukang Blusukan ini dirilis pada masa kampanye, ya isinya tidak jauh dari pencitraan.
Saya agak mengernyit membaca buku ini. Sebenarnya bukunya bagus dari segi cover, pilihan kertas, dan banyaknya foto baik hitam putih maupun yang berwarna. Tapi isinya terlalu menyanjung-nyanjung. Bahasa pujiannya kurang halus. Alhasil saya enggan menuntaskan membaca buku ini.

Isinya sebenarnya biasa bagaimana si tokoh tidak pernah mencontek, ikut Mapala dan rajin semasa di sekolah dan kampus. Lalu ulasan semakin kurang menarik ketika membahasa perjalanan politiknya, termasuk perseteruan dengan lawan politik. Saya kurang suka dengan hingar-bingar politik sehingga buku ini bukan masuk dalam genre favorit.

Foto Jokowi masih muda
Guru SMP yang pernah mengajar Jokowi

Kata salah satu penulisnya, buku ini memang pesanan untuk pemilu, sehingga bahasanya dibuat sedemikian rupa. Dia tidak masalah jika saya kurang menyukainya. Hahaha ia benar. Buku ini masih ada di rak lemari, tapi saya enggan membacanya.

Detail Buku:
Judul: Sekelumit Kisah Si Tukang Blusukan ini dirilis
Penulis:Anton D.H. Nugrahanto, Asita D.K.
Penerbit: Kana Media
Genre : Biografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar