Rabu, 01 Februari 2017

Berkenalan dengan Alexander Agung



 

Melihat buku ini dalam jajaran buku bekas yang dijual di sebuah lapak di dalam kompleks terminal Senen, aku termangu. Buku ini dulu kupunya dan dibelikan ayah waktu masih kanak-kanak. Entah kemana buku itu sekarang. Aku merasa rindu, maka kubeli buku ini, buku tentang seorang raja yang pemberani dan penakluk, Alexander Agung.


Alexander Agung dibesarkan sebagai seorang pangeran. Ia belajar tentang filsafat, ilmu kenegaraan, seni musik, sastra juga mempelajari seni bertarung seperti menggunakan perisai, tombak, pedang juga belajar berkuda. Kuda kesayangannya adalah Bucephalus yang dulu sulit ditaklukkan, bahkan oleh ayahnya.  Ia juga gemar membaca kisah Perang Troya dan idolanya adalah Achilles.

Ia menjadi raja saat berusia 20 tahun karena ayahnya, Raja Philippus tewas terbunuh. Setelah ayahnya tewas, ia pun memasang target yaitu Persia. Jaman dulu, kerajaan yang besar lawan Macedonia adalah Persia dengan rajanya bernama Darius. Ia dapat memukul mundur tentara Persia. Darius kabur namun anak dan istrinya ditawan. Di Mesir, Alexander mendirikan kota Alexandria yang kemudian tumbuh menjadi kota penting dan kota yang terkenal sebagai pusat perdagangan dan kebudayaan. Ia pun kemudian menaklukan banyak negeri yang sekarang menjadi negara seperti Yunani, Turki, Rumania,Bulgaria, Yugoslavia, Libanon, Mesir, Israel, Irak, Iran, Afganistan, dan Pakistan. Luas bukan daerah kekuasaannya?!


 Ada banyak hal menarik dalam cerita bergambar ini meskipun bukunya hanya tipis, setebal 31 halaman. Ada banyak pesan moral dan catatan sejarah tentang Alexander Agung dimana ia hampir berhasil mewujudkan cita-citanya, yaitu menyatukan semua bangsa dan merukunkan semua pemeluk agama, juga memadukan peradaban barat dan timur. Ia sangat menghormati pemeluk agama yang berbeda dengan yang dianutnya, juga menyukai budaya daerah yang ditaklukannya. Ada juga gambar tentang gaya berbusana prajurit berbagai daerah yang berbeda-beda dan unik. Cukup detail. 


Buku ini cocok bagi anak yang memasuki sekolah dasar karena gaya bahasanya mudah dicerna dan memiliki gambar yang menarik. Meskipun ada kisah tentang penaklukan, namun digambarkan dengan halus.

Detail Buku:
Judul                      : Pustaka Dasar: Alexander Agung
Pengarang              : Belinda Hollyer dan A. Haryono
Penerbit                 : Gramedia
Tahun Terbit          : 1981
Genre                    : Biografi, Cergam
Rating                   : 7,5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar