Selasa, 07 Februari 2017

Misteri Gadis di Balik Jendela



Akhir-akhir ini saya suka membaca koleksi buku lama yang jumlah halamannya terbatas atau tidak tebal. Baru saat akhir pekan saya membaca novel atau buku umum yang lebih dari 100 halaman. Buku yang saya ulas kali ini tentang salah satu cerita di 1001 malam berjudul Misteri Gadis di Balik Jendela.

Kisah berfokus pada pasangan Aziz dan Aziza. Mereka sejak kecil dibesarkan bersama-sama. Ayah Aziza meninggal saat ia masih kecil, sejak itu ia dipelihara oleh keluarga Aziz dan suatu saat akan dinikahkan.

Aziza lambat laun menyayangi sepupunya. Sayangnya Aziz hanya menganggapnya dan memperlakukannya seperti adik.

Saat waktunya mereka menikah, ibu Aziz meminta putranya membersihkan diri ke hamman dengan wewangian khusus, sementera rumah dihias dan siap menerima tamu. Setelah mandi, Aziz teringat belum mengundang kawan lamanya. Sayangnya saat mencari rumah kawannya ia malah tersesat di gang-gang kecil. Saat ia duduk kelelahan di sebuah bangku ia mendapati sapu tangan putih yang harum. Ia terkejut, apalagi ketika mengetahui pemiliknya seorang gadis cantik. Gadis tersebut hanya diam di jendela loteng. Aziz seolah membeku.

Baru larut malam ia tiba. Ia tak menggubris Aziza yang bersedih. Ia malah bercerita ke calon istrinya itu tentang gadis misterius tersebut. Aziza terkejut dan semakin bersusah hati, akan tetapi ia tutupi duka laranya dan membantu sepupunya yang ia sayangi. Ia menyemangati Aziz untuk bertemu gadis misterius lagi.

Berulang kali Aziz mencoba menemui gadis tersebut. Aziza semakin terpuruk namun segera menukar ekspresinya jika Aziz tiba. Hingga suatu daat Aziz yakin bisa benar-benar bertemu gadis tersebut dengan bantuan Aziza. Siapa sebenarnya gadis misterius tersebut? Dan mengapa Aziza rela menolong calon suaminya?

Ceritanya menarik, kaya akan simbol dan syair. Namun kisah sebenarnya adalah tragis tentang kisah seorang dara yang tak sampai. Saya sendiri sungguh kecewa dengan sikap Aziz yang begitu kejam menyakiti perasaan calon istrinya.

Kisah ini merupakan salah satu dari kisah yang didongengkan Syahrazade pada suaminya, Raja Syahriar. Kisah Aziz dan Aziza ini diceritakan pada malam ketigapuluhsembilan dari pernikahan mereka.

Duh cerita tersebut berakhir seperti itu saja dan masih menggantung sehingga bukan hanya raja yang penasaran, saya juga begitu penasaran, apalagi kelanjutan buku ini belum bisa saya dapatkan hingga saat ini.

Akhirnya saya browsing tentang Tale of Aziz and Aziza dan kemudian terkejut dengan kisah penutupnya. Ceritanya jauh di luar bayangan saya. Mengejutkan dan di luar dugaan. Fuih penulisnya hebat juga imajinasinya.

Detail Buku:
Judul Buku : Seri 1001 Malam: Misteri Gadis di Balik Jendela
Penerbit : Citra Budaya Bandung
Genre : Misteri
Rating : 7,7/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar