Selasa, 18 Juli 2017

Dongeng-dongeng dari Eskimo

Setiap daerah tentu punya kisah rakyat, baik berupa legenda, mitos, dan beragam dongeng lainnya. Ada yang berlandaskan sejarah, tapi ada pula yang dari mulut ke mulut dan jika diperdengarkan pada masa modern,kisahnya bak sebuah cerita fantasi. Nah, penduduk dataran Artik yang sebagian tertutup salju, yakni suku Enuit dan suku lainnya bangsa Eskimo juga memiliki kisah-kisah yang menarik. Pasti Kalian ingin mengetahuinya? Seperti apakah kisah-kisah rakyat yang mereka miliki?

Dalam buku berjudul Cerita Rakyat Dunia: Kisah-kisah Bangsa Eskimo yang ditulis oleh Clara K. Bayliss, terdapat dua kelompok kisah bangsa Eskimo, yaitu. Ada 31 kisah dalam buku ini dimana jika keseluruhannya dibaca ada bagian-bagian yang mirip dimana menunjukkan kebiasaan dan cara pandang masa itu. Kisahnya sendiri dikelompokkan berupa kelompok dongeng  wilayah Eskimo tengah dan kelompok dongeng masyarakat Eskimo yang tinggal di sepanjang Selat Bering menuju ke barat.

Banyak kisah rakyat ini yang asyik diketahui. Kisah Si Kiviung ini bak petualangan Hiawata, dimana ia melalui beragam petualangan mengerikan. Awalnya ia tidak secara sengaja ikut dalam rombongan penduduk desa yang mengejar anjing laut yang lucu. Rupanya anjing laut tersebut adalah seorang anak laki-laki yang disihir neneknya untuk memikat para penduduk desa.

Neneknya murka karena cucunya sering diganggu oleh penduduk desa karena mereka miskin dan cucunya hanya berpakaian dari kulit burung. Hanya Kiviung yang selalu bersikap baik ke nenek dan cucu laki-laki yang miskin tersebut. Tapi karena ia tengah berada di sana, maka iapun juga bernasib buruk. Keberuntungan sendiri masih berpihak padanya. Ia tetap hidup dan kemudian melalui berbagai petualangan yang mendebarkan.

Cerita berjudul “Perempuan Penyihir” berkisah tentang kejadian di negeri Aggo. Ada dua keluarga besar di sana, Quem dan Exaluq. Mereka hidup harmonis tapi kemudian keluarga Exaluq mulai iri dengki karena keluarga Quem berhasil mendapatkan banyak rusa.

Pasca berburu, para laki-laki Exaluq membunuh semua pria Quem yang ikut berburu. Agar tak meninggalkan jejak, anjing penarik kereta pun semuanya dibunuh. Mereka mengabarkan ke keluarga Quem bahwa suami-suami merea terpisah dari rombongan.

Kebusukan tak bisa selamanya ditutupi. Arwah para suami tersebut mengabarkan cerita sebenarnya ke salah satu anggota keluarga Quem. Mereka pun bersiap kabur. Hampir saja mereka tak dapat meloloskan diri jika tidak ada salah satu perempuan penyihir di antara mereka.

Dongeng-dongeng dari kelompok Eskimo di Selat Bering juga tak kalah menarik. Orang Eskimo punya kepercayaan unik tentang penciptaan manusia, hewan dan tumbuhan, juga bagaimana bulan dan matahari berawal.

Ada kisah menyebutkan manusia berasal dari pahatan yang dibuat dari taring beruang laut. Pahatan pada gading berupa menjadi laki-laki, sedangkan pahatan pada kayu menjadi sosok perempuan. Kisah lainnya menyebutkan manusia berawal dari sulur pohon kacang polong, kemudian manusia gagak menciptakan hewan dari patung yang kemudian dengan sayap ajaibnya hewan-hewan itu menjadi bernyawa.

Cerita-ceritanya imajinatif dan unik. Di sini ada beberapa kisah yang mirip dimana nenek-nenek pada beberapa cerita dikisahkan memiliki kemampuan magis, sebagian di antaranya penyihir jahat. Kisah tentang anak atau cucu laki-laki yang kerap ditindas juga sering dihadirkan dimana kemudian ada pihak atau malah anak tersebut yang kemudian membalas dendam. Gagak hitam juga menjadi hewan yang sering dijadikan tokoh utama. Dalam buku ini gagak hitam memiliki kemampuan khusus dimana bisa berubah jadi manusia dan kemampuan spesial lainnya.

Kisah rakyat menurutku memberikan informasi bagaimana orang-orang dulu memandang dan memaknai alam sekelilingnya. Cerita ini sebaiknya dilestarikan agar tetap eksis karena rata-rata kaya pesan moral dan memberikan gambaran tentang kondisi masa tersebut.

Detail Buku
Judul     : Cerita Rakyat Dunia: Kisah-kisah Bangsa Eskimo
Penulis : Clara K. Bayliss
Penerbit: Elex Media Komputindo, 2013
Genre   : Dongeng, Fantasi, Kisah Rakyat
Rating   : Remaja
Skor       : 7,7/10

2 komentar:

  1. Waah, aku punya ini bukunya tapi belum kelar dibaca wkwk

    BalasHapus