Kamis, 20 Juli 2017

Kisah Ulil Unta di Kutub Utara


Ulil seekor unta yang hidup di padang pasir. Ia selama ini tak berkawan. Temannya hanya Ibu dan ayahnya. Ia merasa kesepian dan ingin bermain dengan teman-teman sebayanya. Oleh karenanya orang tuanya memberikan hadiah ke putranya berupa pendidikan ke kutub utara. Ulil perlu belajar adaptasi dan mengenal dunia luar.


Mereka pun naik kapal laut selama sebulan. Ulil merasa sedih berpisah dengan orang tuanya. Mereka berjanji akan menjemputnya setelah Ulil menyelesaikan pendidikannya.
Ulil homesick dan sulit beradaptasi dengan hawa kutub utara yang begitu dingin. Hari pertama ia demam, meskipun ia sudah mengenakan topi dan syal.

Namun, Ulil lama-kelamaan dapat menyesuaikan diri. Apalagi teman-temannya dan gurunya bersikap baik dan membantunya. Ibu gurunya, Nelly, seekor penguin. Teman-temannya ada si bruang kutub bernama lars, anjing laut bernama Ansela, dan walrus bernama Willy. Lambat laun Ulil merasa betah dan lupa akan kekuatirannya. Apakah Ulil akan pulang ke gurun pasir atau menetap bersama kawan-kawannya di kutub utara?


Ceritanya sederhana dan ringan, sebuah kisah fabel yang unik karena siapa nyana ada unta di kutub utara. Karena ini cerita dongeng maka rasanya sih sah-sah saja.
Buku ini terbantu oleh ilustrasinya yang lucu dan warnanya yang cerah. Adik-adik Kalian pasti suka banget membacanya. Buku fabel bergambar ini cocok jadi stimulus agar anak-anak gemar membaca.  Oh ya buku ini berbahasa Inggris sederhana, cocok untuk melatih kemampuan bahasa Inggris anak-anak.

Detail Buku:
Judul   : Stories from The Heart: From Faraway Land
Cerita    : Clara Ng
Ilustrasi : Verdi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, 2006
Genre    : Dongeng, Fabel
Rating   : Anak-anak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar