Selasa, 25 Juli 2017

Si Buruk dan Si Jelita


Kisah beauty and the beast konon berasal dari dongeng rakyat klasik. Jika pernah menonton film si buruk dan si jelita ala Lea Seydoux, maka kisahnya agak-agak mirip dengan kisah tersebut. Yaitu tentang saudagar yang membawakan hadiah seperti yang diminta putri bungsunya, yakni sekuntum mawar yang dipetik ayahnya sendiri.

 Ayahnya mendapati serumpun mawar tersebut di sebuah puri. Ia tak sengaja masuk ke puri saat kemalaman di hutan dan berlangsung badai. Awalnya ia ingin bertemu tuan rumah dan mengucapkan terima kasih kepadanya, tapi ia teringat pada janji ke putri bungsunya, maka dipetiklah mawar merah tersebut. Kemudian ia terkejut karena ada makhluk buruk rupa mengancamnya dan berniat membunuhnya.

Makhluk menyeramkan itu kemudian  memintanya menyerahkan anak gadisnya. Saudagar tersebut merasa sedih dan ketakutan. Ia bercerita ke putrinya dan si puteri malah tidak takut. Ia meminta ayahnya mengantarkannya ke puri tersebut. Secara tak terduga si buruk rupa menyambut si puteri bungsu dan bersikap ramah kepadanya.

Cerita selanjutnya mungkin Kalian sudah bisa menebak. Tapi di sini tidak banyak keajaiban. Tidak ada tempat lilin bernyanyi atau perabotan yang bisa bergerak. Hanya ada seorang pria yang dikutuk. Cara menangkal kutukan itu juga berbeda.


Menurutku cerita di buku bergambar ini tidak muluk-muluk dan membumi. Tapi saya juga suka dongeng ala Disney yang penuh magis. Dongeng memang enak dinikmati untuk pelipur lara.

Detail Buku
Judul : Untaian Mestika Kisah-Kisah Termasyhur Buku 3
Penerbit : Tira Pustaka

Genre : Dongeng, fantasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar