Jumat, 11 Agustus 2017

Pilih Buku Tidak Dikembalikan atau Kena Rayap?


Kejadian apa sih yang paling menyebalkan dialami oleh pemilik buku? Bukunya raib tanpa jejak, tidak dikembalikan, atau terkena rayap. Kalau Kalian paling menyebalkan itu kejadian yang mana?

Dulu aku sebal banget jika buku kesayanganku hilang. Tapi buku hilang ini biasanya bukan hilang beneran tapi dipinjam tanpa ijin dan kemudian tidak dikembalikan. Ada banyak bukuku yang tiada kembali. Aku juga bisa sedih dan begitu kesal kepada para pelaku. Ada juga pelaku yang mencoret-coret dan menyobek buku. Duh rasanya ingin kuapakan gitu para penjahat buku tersebut.

Apakah mereka tidak tahu jika memiliki buku itu tidak mudah. Aku membelinya dengan susah payah, baik dari proses mencarinya yang terkadang baru menemukannya di pameran buku atau di loakan, maupun mengumpulkan uangnya. Dulu aku sampai jarang makan dan jalan kaki hingga lima kilometer ke kampus bolak balik demi menabung untuk membeli keperluanku dan membeli buku. Buku bagiku barang yang sangat berharga bak perhiasan.

Selain buku tidak kembali ternyata ada lagi yang menyesakkan hati. Serangan rayap. Rayap ini begitu ganas di tempatku. Aku sadar ketika rumahku ambruk gara-gara rayap dan mereka juga menyerang buku. Duh jahatnya rayap. Mereka tidak sadar jika buku yang digerogoti sangat berharga. Aku sampai sedih dan menangis gara-gara kelakuan rayap tersebut.

Kini aku sadar bahwa rayap penjahat buku paling kejam. Kalian sebaiknya juga was-was kepada rayap ini. Buku Kalian bisa jadi hancur dan tak terbaca karena makhluk serakah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar