Minggu, 10 Desember 2017

Lebih Suka Baca di Hape Atau Secara Fisik?


Dulu bacaan hanya ada secara fisik. Kemudian ketika website mulai marak, mulai hadir beragam situs yang memberikan layanan bacaan secara digital. Komik, novel dan sebagainya bisa dibaca lewat laptop, komputer desktop, atau melalui alat seperti Kindle e-reader. Namun dengan kehadiran ponsel pintar berbasis IOS dan android maka pilihan semakin beragam. Pembaca bisa memanfaatkan aplikasi perpustakaan untuk membaca sepuasnya secara cuma-cuma kapan saja dan dimana saja. Kalau Kalian sendiri lebih suka membaca secara fisik atau membaca lewat hape?

Kalau aku lebih suka bacaan fisik. Mungkin karena usia, jadinya mataku mulai mudah lelah jika kebanyakan terpapar radiasi dari layar hape atau komputer. Aku suka membalik kertas, kemudian melihat sampul dan merasakan tekstur sampul buku, hingga mencium bau kertas yang biasanya berbeda-beda. Namun, aku juga tidak memungkiri jika terbantu dengan keberadaan aplikasi perpustakaan seperti i-Jakarta dan i-Pusnas terutama untuk memutakhirkan wawasanku akan buku-buku baru. Apalagi buku yang mereka tawarkan di layanan tersebut bisa diakses secara cuma-cuma dan kapan saja.

Ya, aku terbantu dengan aplikasi perpustakaan. Dulu anggaranku membeli buku tiap bulan bisa mencapai Rp 300 ribu. Itu jika dikonversikan dalam rupa buku, hanya mendapat 5-6 buku, kecuali aku membelinya di toko buku dengan harga 'miring' seperti di Senen atau ketika belanja di pameran buku dimana bisa mendapatkan 8-10 buku. Tapi saat ini pameran buku semakin pelit memberi diskon, padahal jarak dari rumah ke lokasi pameran begitu jauh.

Kini dengan anggaran yang sama misalnya, aku bisa membeli untuk buku yang benar-benar kuinginkan. Lainnya, untuk sifatnya buku-buku populer aku bisa membacanya cuma-cuma di aplikasi tersebut. Kadang ada buku yang terkenal, eh ternyata isinya cuma begitu saja, menang nama pengarangnya atau desain covernya yang cakep.

Kesimpulannya, dua-duanya membantu. Tapi untuk kenyamanan dan kenikmatan membaca aku masih lebih memilih membaca secara fisik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar