Selasa, 01 November 2016

Ada Apa dengan Situs Gunung Padang


Situs Gunung Padang menyimpan misteri yang hingga kini belum terkuak. Ada apa di dalamnya? Benarkah ia sejatinya piramida tertua di dunia? Jangan-jangan keberadaannya sengaja disembunyikan karena sebab-sebab tertentu.


Piramida Gunung Padang beberapa waktu lalu menyedot perhatian. Bukan hanya arkeolog tanah air yang tertarik menelitinya, para sejarahwan dari berbagai dunia pun diliputi rasa penasaran. Pasalnya jika usia piramida itu benar beribu-beribu tahun silam sebelum piramida di Mesir, maka sejarah perlu ditulis ulang.

Itulah yang membuat Profesor Theo Wirawan dan timnya bersemangat untuk segera memulai penelitiannya. Semakin cepat mereka dapat mengungkap rahasia yang terkandung dalam Piramida Gunung Padang maka semakin baik. Penyakit rendah diri yang akut menjakiti warga negeri ini akan segera terusir, berganti dengan rasa bangga sebagai negara yang pernah menjadi pusat peradaban dunia.

Dr. Arni Kumalasari, wakil kepala tim riset juga tak kalah antusiasnya. Ia yakin eskavasi situs Gunung Padang ini akan mengubah sejarah nusantara itu sendiri. Ia tidak percaya ada rumor gunung ini merupakan penyimpanan emas dan benda berharga lainnya. Baginya pengetahuan yang tersimpan di piramida tersebut jauh lebih berharga daripada timbunan emas. Namun, untuk menuju ke arah tersebut mereka harus terlebih dahulu mengetahui pintu masuk ke piramida tersebut.

Di tempat berbeda, Tomo Gunadi, wartawan investigatif yang beralih pekerjaan menjadi wartawan di sebuah media misteri juga tertarik untuk meliput riset tersebut. Ia perlu uang yang banyak agar dapat menyewa pengacara. Mantan istrinya mengirimkan hasil pengadilan jika hak berkunjung ke putrinya, Lila, dibatasi. Dengan adanya sponsor dan niatan untuk menjual hasil investigasinya ke penulis asing, ia yakin akan dapat banyak mendulang uang.

Seorang paranormal selebriti, Guntur Samudra, juga diliputi rasa penasaran dengan keberadaan penjaga tak kasat mata piramida tersebut. Ia semakin yakin akan keberadaan makhluk gaib setelah ada kematian berturut-turut.

Jika Kalian pecinta kisah-kisah misteri berlatar sejarah, maka Kalian bisa jadi akan menyukai buku ini, Firegate: Piramida Gunung Padang yang ditulis oleh Rizki Ridyasmara. Meskipun novel ini berupa fiksi, beberapa catatan sejarah di dalam buku ini berdasarkan referensi dari penelitian Profesor Santos dan Dr Oppenheimer yang meyakini ada sesuatu yang istimewa pada paparan Sunda.

Gaya bercerita tentang sejarah Gunung Padang di sini ala-ala Langdon dimana banyak hal menarik yang disuguhkan ke pembaca dimana Kalian akan menjadi penasaran dan kemudian akan mencoba menelusuri informasi tersebut lebih dalam. Meskipun kemudian alur ceritanya menjadi mirip-mirip film Hollywood, saya rasa sah-sah saja karena merupakan kisah fiksi.

Saya sendiri tertarik membeli buku ini karena menyukai misteri yang menaungi Gunung Padang. Saya juga penasaran dengan film ini yang bakal tayang dan dibintangi Julie Estelle dan Reza Rahadian. Trailer filmnya sendiri sudah diluncurkan sejak beberapa waktu lalu dan karena tak sabar saya pun mencari tahu jalan ceritanya via buku ini. Tapi tentu saja saya juga ingin melihat versi layar lebarnya. Oh ya yang menarik novel ini dibuat berdasarkan skenario yang dibuat oleh Robert Ronny, bukan sebaliknya.

Bagian yang saya sukai dari buku ini adalah informasi seputar paparan Sunda, makna dari piramida, keberadaan piramida di berbagai dunia selain di Mesir dan Amerika Latin, dan juga makna kata dari Sunda sendiri yang dikaitkan dengan berbagai kata dari bahasa lain. Setelah membaca buku ini saya jadi kepikiran untuk berkunjung ke situs Gunung Padang. Apakah benar piramida ini bisa membuat sejarah ditulis ulang?

Detail Buku:
Judul Buku: Firegate: Piramida Gunung Padang
Pengarang : Rizki Ridyasmara berdasarkan ide Robert Ronny
Penerbit : Grasindo
Genre : Sejarah, misteri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar