Selasa, 14 Maret 2017

Iznogoud yang Berhasrat Menjadi Khalifah


Menjadi seorang Khalifah atau pemimpin sepertinya banyak dimimpikan banyak orang. Salah satunya adalah penasihat khalifah bernama Iznogoud. Ia sangat berhasrat menggantikan Khalifah Harun al Pusingah. Oleh karenanya ia melakukan berbagai cara termasuk melakukan cara licik seperti sihir dan sebagainya.  Mau tahu seperti apa upaya Iznogoud demi meraih hasratnya? Oh ya komik ini fiktif belaka ya.

Iznogoud entah kenapa bisa dipilih menjadi seorang penasihat khalifah. Ia orang yang sangat culas. Perawakannya kecil, tingginya tak lebih dari 1,5 meter, berjanggut dan matanya licik. Ia memiliki asisten bernama Jilat Darat yang suka mengingatkan tuannya agar tak neko-neko. Rupanya ia sering kena tulah gara-gara ulah majikannya.

Penasihat yang keji ini digambarkan suka melakukan apa saja demi meraih mimpinya. Ia pernah berupaya menyihir khalifah sehingga masuk ke masa lalu, meracuninya dan sebagainya. Tapi entah kenapa semua rencana jahatnya itu memantul, kembali ke dirinya. Ia sampai pernah jadi pembatas buku yang kaku karena pengaruh sihir.

Nah di buku berjudul Hari-Hari Huru-Hara, Iznogoud berupaya memanfaatkan hari kebalikan untuk melakukan kudeta kepada sang Khalifah. Pada hari kebalikan maka asisten menjadi majikan, demikan pula sebaliknya. Jadinya budak (di era tersebut dikisahkan masih banyak perbudakan) di sini memiliki pengaruh besar kepada para majikannya pada hari tersebut.

Iznogoud sangat yakin pada hari yang hanya ada sehari dalam setahun tersebut ia bisa sukses meraih cita-citanya. Ia kemudian menyuruh Jilat Darat untuk membantunya, tapi tentu saja pada hari itu Jilat Daratlah majikannya. Ia lalu bertemu dengan budak dan si budak memintanya menyiapkan sarapan. Urusan jadi rumit.

Iznogoud tak berputus asa ia meminta bantuan jin. Eh si jin malah memintanya mengabulkan permintaannya. Puyenglah si Iznogoud maka ia pun meminta bantuan negara tetangga untuk menyerbu negerinya. Kira-kira berhasilkah idenya?

Ya biasanya sih dia tidak berhasil. Tapi apakah hanya si Iznogoud yang usil? Hemmm sepertinya sang Khalifah juga punya bakat iseng. Dalam buku berjudul Wortel Ajaib, ia yang berpetualang mencari cara agar si penasihatnya tersebut bisa berubah wataknya. Katanya sih bisa dengan wortel ajaib, tapi si khalifah tidak tahu sama sekali wujud wortel.

Jangan serius membaca komik ini. Komik ini lucu banget. Saya membacanya sejak tahun 2000-an ketika komiknya masih lebar dan sekarang ukurannya menciut dan diterbitkan oleh BIP.



Ada banyak hal tak masuk akal seperti Iznogoud kok bisa tetap muncul meskipun sudah kena sihir berulang kali. Atau kenapa si Khalifahnya digambarkan seperti itu. Ini cerita humor sih jadi  memang ceritanya agak absurd dan sulit dibayangkan secara nalar.

Detail Buku:
Judul Buku: Petualangan Iznogoud yang Tersohor
Penulis : Goscinny
Komikus : Tabary
Penerbit : Bhuana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia
Genre: Komik, humor
Rating : 7,8/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar