Alpha Code


Buku berjudul "Alpha Code: Ritual 30 Menit Sehari untuk Hidup Sukses" ini kudapatkan dari event promo gede-gedean yang diadakan Gramedia hingga tanggal 5 Mei. Aku mendapatkannya dengan harga di bawah Rp 10 ribu. Dan ternyata isinya bagus, membuatku tergerak untuk melakukannya.

Buku karya Debby Tanamal ini mudah dicerna. Layoutnya rapi dan ada beberapa cerita inspiratif dan tabel-tabel yang perlu diisi untuk membentuk kebiasaan.

Dalam buku tersebut disebutkan perlu 21 hari untuk membentuk habit dan 66 hari untuk membentuk habit baru menjadi sebuah kebiasaan. Lalu Debbu memulainya dengan pentingnya kesadaran diri.

Di sini juga banyak quote menarik seperti "What is necessary to change a person is to change his awareness of himself" (Abraham Maslow)

Untuk itu pembaca disarankan untuk menuliskan ideal hidup atau vision-nya. Visi ini adalah harapan tentang kehidupan kalian yang terus berkembang lebuh baik, ditanamkan ke bawah sadar dan dipupuk dengan informasi dan emosi positif. Bisa menuliskan 10-15 tahun dari sekarang.

Lalu setelah itu tentukan tujuan hidup (life purpose) dan your goal (target jangka pendek atau panjang). Tujuan hidup itu semacam kompas atau hasrat. Tujuan hidup itu bisa berupa talenta kalian, misalnya kalian itu membantu individu di bidang pendidikan. Untuk target usahakan spesifik dari angka dan kapan pencapaiannya.

Selama 90 hari pembaca disarankan untuk mengisi abundance journal (jurnal bersyukur), daily goal, dan ekstra habit.

Di dalam buku ini sepertinya penulis kurang suka aktivitas gim, nonton film streaming, dan bermedia sosial sehingga ia anggap sebagai buang buang waktu jika seseorang melakukannya lebih dari dua jam. Padahal bisa jadi itu adalah pekerjaannya atau caranya menuangkan stress.

Buku ini bisa diselesaikan dalam satu jam atau kurang. Sebenarnya sederhana sih dan tips semacam ini banyak dijumpai di internet. Yang penting sih praktiknya. Ayo mulai praktik dari sekarang untuk raih keberhasilan.

Komentar

Postingan Populer