Buku Kumpulan Misteri Bobo



Rupanya majalah Bobo meskipun merupakan majalah anak-anak juga kadang-kadang memiliki cerita misteri. Ada unsur horor. Tentunya disesuaikan dengan kadar yang bisa diterima anak-anak. Seperti apa sih tingkat keseramannya?

Ada 20 cerita pendek dalam buku ini. Tema misterinya beragam dari yang berupa kisah hantu, arwah, dan hal-hal lainnya yang misterius. Tapi tenang, kebanyakan untuk ukuran dewasa tidak seram. 

Ada kisah yang menurutku segar untuk kisah horor anak-anak. Di antaranya "Keajaiban Ke-5 Rumah Nomor 55555", "Gangguan Hantu", dan "Sang Cerpenis Misterius". Ketiganya karya Maria Wiedyaningsih. 

Dalam "Keajaiban Ke-5 Rumah Nomor 55555" dikisahkan misteri sebuah rumah. Ada pamali berkunjung ke rumah nomor 5. Yaitu jangan sekali-kali berkunjung ke rumah nomor 5 pada bulan ke-5 pada pukul 5 sore. Jangan juga mengetuknya lima kali. Apa yang akan terjadi? Kamu akan menemui kemalangan 5 eh 4 kali. Jelas Kesar. Tapi tokoh si aku malah penasaran. Ia malah mencobanya dan jadilah ia mengalami kemalangan yang bisa mengancam nyawanya. 

Premisnya menarik untuk ukuran cerpen anak kecil. Memang kemalangannya kadarnya diturunkan karena mengingat pembacanya rata-rata anak-anak. 

Untuk dua kisah lainnya Maria langsung mengajak pembaca anak-anak berkenalan dengan makhluk supranatural. Aku membayangkan apabila jadi anak-anak dan kemudian membacanya mungkin aku juga akan jadi ketakutan. 

Sebagian besar ceritanya tak seram dqn kebanyakan. Tapi ada beberapa cerita yang berkesan dan terasa segar. 

Buku misteri ini bisa dibaca segala usia meski merupakan cerpen anak. Anak-anak membaca cerita misteri? Sah-sah saja.

Detail Buku:
Judul: 20 Cerita Misteri 2 - Rahasia Mercusuar Berhantu
Penulis: Erna Fitrini, Pupuy Hurriah dkk
Ilustrasi: Arya Perkasa
Genre: Misteri

Komentar

Postingan Populer