Mahal Karena Ilustrasinya Indah?


Cover buku ini seolah-olah menyihirku. Sungguh aku jatuh hati dan kemudian memasukkan buku ini di daftar pembelian buku karena desain sampulnya yang cantik dan covernya yang berjenis hard cover.


Desain sampul dan ilustrasi buku patut diapresiasi, bukan?! Ya rasanya untuk buku di Indonesia, buku ini tergolong cukup mahal sehingga aku berekspektasi lebih. Kupikir ceritanya adalah tentang dongeng atau sebuah petualangan seorang perempuan. Atau juga tentang buku filsafat.

Buku ini tepatnya buku segala usia. Ia bisa dibaca oleh berbagai tingkatan umur karena ceritanya sungguhlah singkat dan pesannya sederhana. Buku ini tebal rupanya karena menggunakan dua bahasa. Oh entah kenapa aku merasa kecewa tapi juga terkesan.

Kecewa karena aku mengharapkan cerita yang lebih dari ini. Cerita yang kuharapkan mungkin yang lebih kompleks atau begitu imajinatif.

Buku ini berkisah tentang seorang anak perempuan yang dulunya suka berkhayal. Ia suka akan buah. Ketika mendengar pesan orang-orang tua buah bisa tumbuh dalam tubuhnya ia pun membayangkannya. Bagaimana jika ada buah anggur muncul di hidungnya? Bagaimana jika ada daun jeruk di telinganya? Seperti itulah meski tak persis sama. Hinga kemudian waktu mengubahnya. Ia tak lagi menjadi perempuan dengan sejuta khayalan. Ia menjadi perempuan tipikal.
Contoh Ilustrasinya (garapan Wickana Laksmi Dewi)
 Aku tak akan bercerita lebih lanjut karena nantinya aku bisa-bica bercerita isi keseluruhannya. Sungguh singkat isinya. Aku jadinya mengagumi ilustrasinya. Indah. Pembuatnya, Wickana Laksmi Dewi, pastilah berbakat atau sangat berpengalaman.

Buku "Gadis Daun Jeruk" mungkin bisa disebut buku ilustrasi atau buku seni. Ia bukan novel. Ia cerita bergambar. Dari segi cerita aku sungguh kecewa meski pesannya tetap bermakna. Namun dari segi ilustrasinya aku betul terkesan.

Detail Buku:
Judul Buku: Gadis Daun Jeruk
Penulis: Rinda Maria Gempita
Ilustrator: Wickana Laksmi Dewi
Penerbit: Gramedia

Komentar

Postingan Populer