Makanan Masa Lalu apa yang Membuatmu Terkenang? (Ulasan Buku "Menu Kenangan")

 


Aku mohon maaf mulai jarang mengisi blog ini. Aku akan mencoba untuk lebih aktif mengisi blog ini lagi, termasuk kembali rajin membaca buku agar otakku tetap aktif bekerja. Kali ini buku yang ingin kukupas adalah "Menu Kenangan" yang diterbitkan Vamedia.

Hanya, karena satu dari 15 cerita adalah  ceritaku, maka nanti akan jadi kurang obyektif jika aku mengulasnya. Oleh karenanya dalam tulisan kali ini aku hanya memaparkan beberapa cerita yang membuatku 'terusik' untuk mencobai makanan tersebut.

Tapi sebelumnya perkenankan aku untuk memuji layout dan cover buku. Aku suka cover bukunya yang sederhana, hanya warma kuning dan gambar topi koki. Warna kuning sendiri dianggap warna yang membangkitkan selera makan. Desain covernya sederhana, namun elegan.

Sedangkan layoutnya rapi. Ada gambar koki di tiap judul buku. Ukuran fontnya rapi dan tulisannya mudah dibaca. Nyaman di mata.

Di buku ini aku menulis tentang kenanganku terhadap jajan masa kecil. Dulu ada permen yang bentuk dan kemasannya mirip rokok, sehingga disebut permen rokok. Rasanya sendiri adalah mint.

Lalu ada aneka cokelat, termasuk cokelat payung. Juga ada permen berbentuk kubus yang keras dan lengket.

Nah, untuk cerita-cerita yang lain aku tergiur ingin mencicipi mandai basanga dan pakasam. Mandai terbuat dari kulit cempedak yang diawetkan dengan garam. Sedangkan pakasam adalah ikan sungai yang diawetkan dengan garam dan beras sangrai yang dihaluskan.

Membaca deskripsi dari tulisan Rani Budiarti ini membuatku lapar. Nasi hangat dengan mandai yang digoreng dan ikan pakasam nampak lezat.

Renjana Sambalado Tanak adalah karya Sri Muliani yang juga membuatku tergiur. Ini masakan khas Kabupaten Tanah Datar di Sumatera Barat. Cabainya banyak. Isinya bisa teri dan jengkol atau petai cina, telur puyuh, dan kerang tiram. Wah nampak sedap nian.

Lalu ada nasi minyak dalam tulisan Dian Nazaret yang juga membuatku ingin menyantapnya. Nasi Minyak Achahe namanya. Ini adalah jenis nasi berlemak  dengan rempah-rempah. Ada pekak, kunyit, cengkih dan lainnya. Menu pendampingnya ada kari ayam dan ayam goreng rendang.

Tulisan-tulisan lainnya juga tak kalah bagusnya. Ada tulisan dari Silmi Mariah  Ukhti Chiharu, Qonitath Bella I, Oktaviana Putri, dee_5217, Mustika Dyah, Fijir Alviona, Budi Tjenggunawan, Rizki A'inur, Yulia Nurul, dan Tania Friesia. 

Komentar

Postingan Populer