Buku Latihan Tidur Jokpin Bagi Yang Susah Tidur

Buku Latihan Tidur Jokpin Bagi Yang Susah Tidur

Tidur itu gampang-gampang susah. Ada orang-orang tertentu yang mudah terlelap. Namun tak sedikit yang kesulitan dan kebingungan mencari cara agar bisa tidur nyenyap. Oleh karena itu buku kumpulan puisi Joko Pinurbo yang berjudul Buku Latihan Tidur ini bisa dibaca. Siapa tahu ketika tengah membaca buku ini kalian bisa langsung terlelap.



Buku ini tampil sederhana dengan sampul dominan hitam dan wajah seseorang yang matanya terpejam. Yang membuatku heran sekelas Gramedia Pustaka Utama ternyata membeli gambar dari Shutterstock untuk desain sampul, tidak mendesainnya sendiri. Namun untunglah ilustrasi dalam buku begitu bagus, yang dikerjakan oleh Fandy Dwimarjaya dengan sungguh-sungguh.

Kehadiran ilustrasi dalam buku Joko Pinurbo alias Jokpin ini penting. Selain bermanfaat untuk menjelaskan isi puisi, adanya ilustrasi ini diperlukan karena buku ini lumayan tipis. Hanya ada 45 puisi yang sebagian besar pendek-pendek. ilustrasi ini bisa menambah jumlah halaman sehingga tebalnya menjadi 68 halaman.

Dalam buku ini, topik-topik puisi yang banyak digunakan di antaranya kamus, tidur, langkah-langkah menulis puisi, merangkai kata, kopi,spiritual, dan ibu. Judulnya singkat dan sederhana, ada M dan Yang. Mungkin karena temanya buku latihan tidur maka bahasa dalam puisi ini lugas dan sederhana, topiknya juga tergolong ringan, apabila dibandingkan dengan buku-buku kumpulan puisi Jokpin lainnya.

Ada dua puisi yang kusuka dalam Buku Latihan Tidur ini. Yaitu, Kamus Kecil dan Suwung.

Kamus Kecil
...bahwa pemurung tidak pernah merasa gembira,
sedangkan pemulung tidak pelna melasa gembila


Suwung
Kepalaku rumah sakit jiwa yang kesepian
ditinggal penghuninya mudik liburan


Detail Buku:
Judul Buku: Kumpulan Puisi Buku Latihan Tidur
Penulis: Joko Pinurbo
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku: 68 halaman
Genre: Kumpulan puisi

Komentar

Postingan Populer