Cerita tentang Kucing yang Mengubah Hidup Pemiliknya

 

Belakangan aku mulai kesulitan untuk fokus membaca buku. Karenanya aku mulai belajar membiasakan diri dengan membaca buku yang pendek-pendek, demi melatih kebiasaan. Kupilih buku yang ringan dan bisa dibaca segala usia. Buku itu berjudul "Dick Whittington dan Kucingnya". Tebalnya hanya 52 halaman dan berilustrasi. 


Kali pertama mengenal cerita tentang asal mula Walikota Dick ini dari majalah Bobo. Aku membacanya saat masih kecil.  Namun karena ceritanya menarik, aku masih mengingatnya hingga kini. Namun saat itu, aku hanya membaca cuplikannya, bukan ceritanya secara keseluruhan. 

Nah dalam buku ini aku mendapatkan gambaran lengkap siapakah sosok Dick Whittington ini. Sebelumnya ia adalah anak laki-laki yatim piatu yang miskin namun punya mimpi tinggi. Suatu ketika ia mendengar kabar bahwa jalanan London berlapis emas. Ia pun penasaran ke sana. Dengan menumpang kendaraan, akhirnya ia tiba di sana. Tapi ternyata itu bukan realita, sekadar kiasan. 

Dick yang miskin pun terlunta-lunta. Ia kelaparan namun sulit mendapat pekerjaan. Hingga akhirnya ia menjadi asisten koki di sebuah rumah besar. 

Koki di rumah tersebut sering menindasnya. Putri pemilik rumah, Alice, marah jika mengetahuinya. Dick yang sulit tidur karena banyak tikus, akhirnya membeli kucing dan menjadikannya sahabat. Berkat kucing tersebut, ia bisa tidur nyenyak. 

Kehidupan Dick berubah ketika Alice meyakinkannya untuk menjual kucingnya. Rupanya kucing tersebut jauh lebih bernilai daripada perkiraan Dick. 

Ceritanya seperti dongeng, namun ternyata sosok walikota ini nyata, hanya kurang jelas apakah kisah kucing ini betulan ada. Rupanya di kisah nyata ia juga bukan dari kalangan tak berada. 

Meski ceritanya dibuat dramatis, namun cerita ini memiliki pesan yang menarik. Ada pesan tentang harapan dan persahabatan, juga tekad kuat untuk mencapai impian. 

Ilustrasinya lumayan bagus dan membantu memahami cerita.


Detail Buku:

Judul: Dick Whittington dan Kucingnya

Pengalih Bahasa: Meliana Simamora

Penerbit: Bhuana Ilmu Populer

Tebal : 52 hal

Komentar

Postingan Populer