Habis Galau Terbitlah Move On: Sebuah Ulasan

 

Aku menemukan buku Habis Galau Terbitlah Move On ini secara random di aplikasi iPusnas. Aku suka dengan cover bukunya dan perpaduan warnanya yang digarap oleh Adipagi. 


Buku ini terdiri dari 10 bab, dilengkapi dengan sekapur sirih, prolog, dan profil penulis yang akrab juga disapa dengan guru gokil. Isi bukunya memang tidak selaras dengan judul bukunya. Isinya campur-aduk, seperti kita sedang ngobrol di warung kopi atau nangkring bersama sobat karib, namun dengan isi yang lebih padat dan serius. 

Pembaca tidak harus setuju dengan opini yang dilontarkan Sumardianta di buku ini. Namun harus diakui kekayaan pengetahuan yang dimiliki oleh si penulis. Ia memiliki wawasan yang luas, dari soal politik, olah raga, humaniora, termasuk juga seni populer seperti buku dan film. Dalam setiap pengantar bab Ia menyertakan cerita-cerita inspiratif, tokoh populer, dan juga film-film menarik yang pernah ia saksikan. Ia juga menyampaikan pandangannya tentang bidang yang Ia sangat kuasai, yakni tentang pendidikan. 

Ada beberapa hal menarik yang kucatat di buku ini, selaras dengan pengetahuannya yang mendalam tentang pendidikan. Yaitu, kecerdasan selain kecerdasan akademik dan juga tentang perubahan kurikulum. 

Seorang pemain bola juga memiliki kecerdasan di atas rata-rata dalam mengolah tubuh dan gerakannya sehingga bisa menghasilkan tendangan yang presisi. Mereka berlatih secara terus-menerus dan ini tak diajarkan di bangku pendidikan formal seperti di Indonesia. Ya, kecerdasan jenisnya ada banyak, sehingga siswa tak harus dipaksa hanya cerdas secara akademik. 

Ia juga menyoroti soal perubahan kurikulum. Karena masih ada ujian nasional, baginya perubahan kurikulum kurang berarti karena guru juga dituntut agar siswanya lulus UN. 

Ada begitu banyak hal yang bisa direnungkan. Contoh inspirasi dari buku dan film City of Joy juga jadi favoritku. Film yang mengharukan tentang perjuangan dan pengorbanan seorang ayah untuk putrinya. 

Sebuah buku yang menarik untuk kontemplasi. 


Detail Buku:

Judul: Habis Galau Terbitlah Move On

Penulis: J. Sumardianta

Penerbit: Bentang Pustaka

Tebal: 330 halaman


Komentar

Postingan Populer