Mice Cartoon: Obladi Oblada Life Goes On...



Dulu komik Beni & Mice banyak menghiasi koran Kompas lalu dibukukan. Komik mereka banyak mewarnai hidupku. Untunglah ketika kemudian keduanya berpisah, Mice masih tetap aktif menulis dan membuat komik hingga kini. Nah, kemarin aku menemukan komik Mice yang belum pernah kubaca. Judulnya Mice Cartoon: Obladi Oblada Life Goes On...  Nanti ada alasan kenapa judulnya seperti itu. 


Komik Mice sedari awal itu khas. Bentuk penampilan karakternya dan sifatnya mewakili masyarakat awam dan kebanyakan warga Indonesia. Sederhana, suka mengikuti tren, dan kadang-kadang kurang berpikir panjang. Kadang-kadang agak norak, tapi kadang-kadang juga bikin pembaca bersimpati, seperti melihat diri sendiri -- andaikata kalian pernah mengalaminya. Ini juga kurasai ketika membaca komik ini. 

Cerita Mice di awal buku ini tentang keluarga kecilnya. Rupanya ia sudah menikah dan punya anak yang masih kecil. Tapi kemudian cerita berlanjut dengan petualangannya bersama seorang kawannya yang karakternya juga mirip dengan Mice hanya lebih norak. Memang sih Mice lebih seru jika asyik julid atau heboh bareng kawan. Karakter dan ceritanya jadi lebih hidup. 

Ada banyak cerita yang terinspirasi kejadian dan fenomena tahun 2010-2012 yang disajikan. Kita seperti melihat dokumentasi peristiwa pada masa itu, dari maraknya boyband lokal, artis-artis yang cepat viral hanya bermodak lipsync, maraknya anak muda menggunakan BBM, mulainya menggunakan Twitter, dan masih banyak lagi.  Aku tergelak jika ingat masa-masa itu, fenomena unik yang mungkin tak terulang lagi. 

Dalam komik ini disinggung maraknya penggunaan Blackberry. Saat itu memang belum muncul hape Android sehingga orang-orang sudah merasa keren jika sudah bisa menggunakan BBM dan kemudian berkirim pesan dengan di bawahnya ada tulisan dikirim dengan blablabla. Ber-BBM bisa membuat orang lupa waktu dan lupa tempat. 

Dalam cerita ini juga ditampilkan artis-artis lewat jalur viral seperti duo keong racun dan Norman dengan lagu Indianya. Lantas disandingkan dengan orang-orang yang berkali-kali ikutan ajang Idol dan kalah. 

Oh iya ada juga secuplik cerita tentang Obama. Mantan Presiden Amerika itu kan banyak disebutkan berasal dari Menteng hehehe. Nah di sini juga ada ceritanya. Sedikit sih. 

Ada juga cerita tentang kondisi Jakarta. Macet, banjir, adanya diskon yang menjebak dan parkir khusus perempuan. Meski Jakarta macet dan lain-lain rupanya Mice tetap kangen dan memutuskan balik ke Jakarta daripada menetap di kampung halamannya karena di sana sedikit lapangan pekerjaan. 

Sebuah komik yang menghibur. Aku membacanya kali ini di platform buku daring. Hehehe seru juga baca secara daring, tapi memang masih lebih nyaman membaca bukunya secara fisik.


Detail Buku:

Judul: Mice Cartoon: Obladi Oblada Life Goes On... 

Pengarang: Muhammad Mice Misrad

Penerbit: Penerbit Buku Kompas

Tebal Buku: 104 halaman

Tahun Rilis: 2012

Komentar

Postingan Populer