Calusari, Cerita Horor dengan Tradisi Kuno Rumania

 

Calusari adalah istilah yang dikenal dari bangsa Rumania untuk menyebut kelompok rahasia yang terdiri dari para pria misterius. Mereka terlibat dalam sebuah ritual kuno, melibatkan mantra, tanaman ritual, dan lain-lain, yang umumnya digunakan untuk perlindungan keluarga dari ancaman ruh jahat. Cerita tentang kelompok misterius ini tersaji dalam musim kedua serial The X Files, di mana juga ada bentuk novelnya yang diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. 


Calusari adalah salah satu episode favoritku di serial The X Files. Elemen horor klasiknya begitu kental. Ada misteri, teka-teki, korban pembunuhan, ritual, dan kelompok misterius berbaju hitam-hitam. Oleh karenanya ketika aku menemukan buku ini, aku langsung bersorak gembira. 

Ceritanya tentang duo agen FBI, Dana Scully dan Fox Mulder yang dihadapkan dengan teka-teki kematian seorang balita bernama Teddy. Ibunya, Maggie, nampak syok. Kakak laki-lakinya, Charlie, juga masih kecil, sehingga tak begitu paham dengan kejadian yang menimpa adiknya. Si ayah kemudian menjadi korban berikutnya, dengan misteri pelaku yang juga belum terpecahkan. Sedangkan si nenek, Golda, nampak begitu ketakutan. 

Mulder dan Scully tak tahu apa yang mereka hadapi kali ini karena bukti-bukti yang mereka temukan terasa janggal. Hingga kemudian Mulder  menemukan si nenek berhubungan dengan para pria misterius yang disebut calusari. Mereka melakukan ritual dengan melibatkan Charlie. Apakah tindakan mereka benar dalam mengusir ruh jahat dalam tubuh Charlie atau sebaliknya, merekalah pelakunya? 

Konstruksi  dan struktur cerita horor ini begitu memikat. Aku menikmatinya dan berharap ceritanya lebih panjang dan lebih kompleks. Aku berharap dapat lebih banyak informasi tentang latar belakang kelompok misterius dari Rumania ini. Siapakah sebenarnya mereka, kapan organisasi ini mulai ada, dan bagaimana ritualnya. 

Keberadaan kelompok misterius yang memikiki kaitan dengan Ortodoks Timur ini hingga sekarang membuatku penasaran, apalagi setelah aku mengenal kelompok band Batuskha, yang juga membawakan lagu-lagu dengan tema Ortodoks Timur Rumania. Keduanya, Batuskha dan calusari seperti dalam satu dunia, sama-sama berurusan dengan ritual  dan spiritual. 

Seperti dalam kisah-kisah The X Files, Scully dan Mulder masih asyik berdebat. Scully masih bertahan dengan hal-hal ilmiah. Kematian Teddy dan ayahnya harus bisa dijelaskan secara sains dan ada bukti nyata pelakunya. Sedangkan Mulder lebih menuruti instingnya. Ia percaya ada sesuatu yang ganjil dalam peristiwa pembunuhan kali ini. Ia juga penasaran apa hubungan Charlie, neneknya, dan kelompok rahasia tersebut. 

Ada banyak elemen mengejutkan dalam cerita ini.    Ada kelokan dalam cerita sehingga pembaca akan mendapatkan penutup yang tak disangka-sangka. Calusari masih menjadi episode favorit dalam cerita The X Files. 


Detail Buku:

Judul Buku: The X Files: Calusari

Pengarang: Novelisasi oleh Garth Nix dari naskah Sara Charno

Penerbit: Elex Media Komputindo

Tebal Buku: 108 halaman

Charlie, Steve, Teddy, Golda, Maggie

Komentar

Postingan Populer