Era Kejayaan Fiksi Pulp

Setelah membaca buku-buku karya L. Ron Hubbard, aku jadi tertarik dengan yang disebut sebagai pulp fiction atau era buku-buku pulp. Rupanya ada masa di mana buku-buku pulp menjadi favorit, sebelum kemudian digantikan era lainnya. Apa sih pulp magazine atau pulp fiction tersebut?

Rupanya pulp magazine atau pulp stories tersebut merujuk ke jenis kertasnya. Kertas pulp lebih murah dibandingkan jenis kertas lainnya. Alhasil karya yang dicetak dengan menggunakan kertas tersebut jadinya lebih murah. Pembacanya pun jadi lebih banyak.

Era pulp ini dimulai akhir tahun 1890-an hingga tahun 1950-an. Namun puncak era fiksi pulp ini terjadi pada tahun 1920-1940. Pada saat itu era peperangan dan orang-orang memerlukan bacaan yang murah meriah juga cerita yang mendebarkan.

Nah pada era fiksi pulp ini ceritanya umumnya bombastis. Imajinasi para pengarang berkeliaran, mereka membayangkan petualangan yang menakjubkan, melintasi gurun dan samudera, bertemu dengan budaya yang eksotis di daerah timur jauh, petualangan aneh mendebarkan di tempat tropis, hingga bertualang ke luar angkasa ke berbagai planet. Tak hanya kisah petualangan, tema cerita juga tentang science fiction, romansa, horor, misteri, fantasi, dan juga cerita detektif.

Umumnya karya fiksi dalam bentuk cerita pendek, namun ada juga yang berbentuk novel. Sama seperti ceritanya, cover-covernya pun didesain mencolok mata, tak kalah bombastis.

Para pengarang terkenal era ini di antaranya L. Ron Hubbard,  Edgar Rice Burrougs, Robert E. Howard, Talbot Mundy, Hugh B. Cave, Agatha Christie, Ray Cummings, Joseph Conrad, F. Scott Fitzgerald, Rudyard Kipling, Edgar Wallace, H. G. Wells, H. P. Lovecraft, dan Abraham Merritt. 

L. Ron Hubbard adalah pengarang fiksi pulp yang produktif. Ia melahirkan banyak buku pulp seperti Great Secret, Final Blackout, Fear, dan Typewriter in the Sky.

Meski era ini disebut era buku dan pengarang yang murah, namun banyak karya yang kemudian hari jadi populer dan menjadi ikon budaya pop. Karya-karya yang populer pada era pulp di antaranya  A Princess of Mars, Solomon Kane, The Return of Tarzan and Tarzan series,  The Mask of Zorro, Doc Savage series, The Maltese Falcon, The Thin Man,  dan Conan the Barbarian. Karakter yang populer seperti Tarzan, Zorro, Conan the Barbarian, Solomon Kane, dan John Carter.

Ya, ada banyak ikon karakter era pulp yang terkenal hingga saat ini. Film-film yang diangkat dari era ini juga cukup populer seperti Tarzan dan Zorro.

Meski era buku pulp sudah lewat, namun hingga saat ini masih ada karya fiksi yang dicetak dengan menggunakan kertas pulp. Hanya sekarang genrenya beragam. 

Kalian sudah pernah baca buku pulp apa saja? 

Gambar dari L. Ron Hubbard dan Tarzan Fandom

Komentar

Postingan Populer