Film dari Buku Sewu Dino akan Rilis Sebentar Lagi, Tentang Apa Sih?

SimpleMan menjadi penulis thread horor Twitter yang terkenal sejak cerita KKN di Desa Penari viral. Selain cerita tentang KKN, ada banyak kisah horornya yang menarik dan tak kalah seram. Salah satunya adalah Sewu Dino yang telah dibukukan dan sebentar lagi filmnya akan tayang. Seperti apa sih ceritanya? 


Cerita Sewu Dino mulai dibuat SimpleMan pada 5 Agustus 2019. Latar ceritanya tahun 2001. Dikisahkan Sri ingin mendapat pekerjaan untuk menghidupi dirinya dan ayahnya. Saat ada tawaran menjadi asisten rumah tangga, ia langsung bersedia. Anehnya calon majikannya,  mbah Kembang Krasa, memastikan wetonnya adalah Jumat Kliwon. 

Setelah Sri diterima bersama Erna dan Dini, mereka malah ditempatkan di sebuah rumah di tengah hutan. Di sana ada sebuah gubuk yang dijaga kakek bernama Tamin. Di dalam gubuk ada kamar yang di atasnya ada semacam keranda mayat berisikan seorang gadis dengan nanah dan lebam. Sri dan kawan-kawan sangat terkejut. 

Gadis itu bernama Dela Atmojo. Ia disantet. Santet bernama Sewu Dino yang sangat berbahaya. Santet ini konon bisa membunuh trah satu keluarga besar lewat darah keturunan terakhir yaitu Dela. 

Tugas Sri dan kawan-kawan adalah memandikannya dengan kembang tujuh rupa. Awalnya mereka baik-baik saja meski tidak nyaman dengan pekerjaannya, hingga kemudian terjadi sesuatu.

Cerita Sri ini sungguh menakutkan. Ketika membacanya, aku seperti terlempar ke masa lalu, di Jawa Timur 20 tahunan silam. Apalagi latarnya di dalam hutan. Wah pastinya kurang nyaman dan  menakutkan tinggal di dalamnya, apalagi harus merawat seseorang yang terkena santet. 

Dalam cerita ini SimpleMan kembali menggunakan gaya khasnya yakni bercerita secara perlahan-lahan dan deskriptif sehingga pembaca dapat masuk ke dalam cerita dan membayangkan kejadiannya. Ia juga kembali menggunakan dialog berbahasa Jawa sehingga ceritanya jadi terasa makin nyata dan membumi. Nilai kelokalannya terasa. 

Namun cerita SimpleMan menyisakan beberapa celah. Ada beberapa hal yang kurang terjelaskan seperti pembaca diminta untuk berpikir sendiri. 

Disebutkan dalam promosi film bahwa Sewu Dino  akan membuka universe trah pitu lakon. Sewu Dino sendiri punya kaitan dengan berbagai thread horor SimpleMan, dari Lemah Layat, Janur ireng, Gundik-colo, dan Rogot nyowo. Cerita-cerita lainnya aku lupa karena ada beberapa yang belum selesai. 

Kalian bisa membaca utas horor Sewu Dino di tautan berikut. Bukunya sendiri sudah ada di toko buku dan lebih detail. 

Setelah membaca thread atau bukunya apakah kalian bakal tertarik menonton filmnya? 

Sumber gambar: SimpleMan

Komentar

Postingan Populer