Misteri Manitoba dan Letusan Karamako


Apabila kalian menyukai kisah-kisah petualangan yang menakjubkan dilakukan oleh dua anak kecil bersama hewan peliharaannya, maka kalian akan menyukai serial Jo, Zette, dan monyetnya, Jocko. Kali ini aku akan membahas tentang Misteri Manitoba dan Letusan Karamako. Kedua komik ini saling berkaitan satu sama lain. Misteri Manitoba adalah komik pertama. 

Serial Jo, Zette, dan Jocko adalah komik karya Herge yang menarik selain serial Tintin dan Quick & Flupke. Awalnya aku punya dan baca komiknya yang masih versi panjang terbitan Indira dengan nama mereka masih Yo, Susi, dan Yokko. Kini namanya menjadi Jo, Zette, dan Jocko. Hanya beda nama, tapi ceritanya masih sama. 

Dalam buku ini ketiganya diculik bajak laut. Di dalam markas bajak laut ada ilmuwan cerdas yang gila. Ialah otak dan pimpinan mereka. Mereka merencanakan sesuatu yang jahat. 

Di sini Jo, adiknya, dan monyetnya beradu kecerdikan dengan para anak buah bajak laut. Tentu saja ada bagian yang jenaka membuat pembaca puas tertawa. Di sini sumber kelucuan adalah ulah Jocko yang seenaknya. 

Letusan Karamako adalah kelanjutan dari komik Misteri Manitoba. Dikisahkan Jo, Zette, dan Jocko berhasil kabur dari markas bajak laut dengan menggunakan kapal amphibia. 

Tapi tentu saja komplotan bajak laut tak membiarkannya. Mereka membawa kapal mereka yang berharga, mereka juga sudah tahu lokasi dan isi markas persembunyian bajak laut.

Ketiganya kemudian mengalami petualangan yang menakjubkan. Ada-ada saja petualangan mereka, dari ditawan suku kanibal, terkena erupsi gunung, hingga Jocko dijual ke rombongan sirkus. 

Ceritanya termasuk luar biasa untuk petualangan yang dialami dua anak-anak dan seekor monyet. Sebenarnya kalau dibaca sekarang, agak kurang masih akal, beda dengan waktu aku masih kecil yang terkagum-kagum membacanya. Tapi entah kenapa ceritanya tetap menarik dibaca, seru dan jenaka. Apalagi bagian ketika si Jocko beraksi. Ulah Jocko ini selalu sukses bikin tertawa. 

Yang agak aneh ayah Jo tak terlalu nampak upayanya mencari anaknya. Ia tetap bekerja seperti biasa. Sedangkan si ibu masih nampak sedih setiap mendengar kabar anak-anaknya. 

Kalian hanya perlu ikuti ceritanya yang berliku-liku dan menakjubkan. Jangan lupa tertawa, jangan ditahan. 


Detail Buku:

Judul Buku: Misteri Manitoba dan Letusan Karamako

Pengarang: Herge

Genre: Komik Petualangan Komedi

Tebal Buku: Masing-masing 52 halaman

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama



Komentar

Postingan Populer