Petualangan dan Keseharian Quick dan Flupke yang Kocak dan Nakal dalam Baik-Baik Saja

 

Dalam sampul belakang Tintin, ada sosok dua anak laki-laki yang nampaknya suka iseng. Yang satu penampilan mirip Tintin dengan kaus merah dan topi hitam. Satunya lagi mirip Pirlouit-nya Peyo dengan kemeja hijau dan syal hitam kuning di lehernya. Keduanya adalah Quick dan Flupke. Mereka dua sahabat yang suka berbuat iseng.

Dalam komik ini ada beberapa cerita. Panel ceritanya tata letaknya tak mengikuti gaya Tintin, melainkan satu halaman terdiri dari empat Panel.

Di cerita Basa-Basi, Quick dan Flupke bertengkar karena mereka berbasa-basi. Quick menawarkan buah pir kepada Flupke. Si Flupke mengambil yang potongannya lebih besar sehingga membuat Quick marah.

Lalu dalam cerita Cara Membuat Pesawat, keduanya dengan penuh semangat membuat pesawat dari potongan-potongan kayu. Pesawat mereka hampir jadi, tapi mereka kesulitan membawanya ke luar dari rumah. Akhirnya tembok rumah dijebol.

Si Flupke ini karakter dan desain gambarnya mirip dengan Pirlouit. Ia lebih pendek dari Quick dan suka bermain musik. Ia mendapat hadiah genderang saat Natal, tapi ia dimarahi ketika memainkannya.

Cerita Anjing Gila membuatku tertawa. Keduanya membahas serius tentang penyakit anjing gila. Keduanya dengan serius berlatih cara menangani apabila bertemu anjing gila. Tapi ketika kemudian mereka berjumpa anjing kecil lucu, mereka langsung kabur melarikan diri.

Cerita lucu lainnya adalah ketika Flupke kelelahan berjalan kaki. Lalu mereka menemukan anak perempuan yang asyik bermain dengan boneka dan kereta dorongnya. Keduanya merampok kereta dorong tersebut. Si anak perempuan marah mengamuk dan akan melaporkan ke kakak laki-lakinya. Eh tak disangka ketika mereka tertawa dan merasa sukses, keduanya tak sengaja berjumpa si abang anak perempuan tersebut.

Ada beberapa cerita lagi dalam buku ini. Tak sedikit cerita yang mereka benar-benar nakal, sehingga menyusahkan banyak orang.  Misalnya ketika keduanya berlatih bermain laso, lalu ketika Quick membantu ibunya menyetrika, dan masih banyak lagi.

Komik keusilan Quick dan Flupke ini kali pertama diterbitkan tahun 1985. Di Indonesia baru dirilis tahun 2010 oleh Gramedia grup, tapi sepertinya aku dulu pernah melihatnya dirilis oleh penerbit lain. Oh iya komik ini juga ada serial animasinya. Kalian bisa cek di YouTube.

Ada banyak serial komik Quick dan Flupke. Ada Mainan Terlarang, Tanpa Ampun, Malapetaka, dan masih banyak lagi. Dulu komik ini perbuahnya Rp 30 ribu. Aku membelinya jika diskonan hehehe.

Detail Buku:

Judul Buku: Quick & Flupke, Baik-Baik Saja

Pengarang: Herge

Penerbit: M & C!

Cetakan 1: 2010

 

Komentar

Postingan Populer