Tren Cerita Kembali Hidup di Webtoon dan Tiga Komik Favorit dengan Tema Tersebut

 

Cerita di Webtoon ada kalanya mirip-mirip. Tema-tema yang umum biasanya nikah kontrak yang kemudian jadi jatuh cinta betulan, kemudian percintaan remaja dengan bumbunya yang seolah-olah rumit, persaingan dengan tokoh antagonis yang sungguh menyebalkan, masuk ke dunia fantasi, hingga hidup kembali dengan misi memperbaiki kesalahan. 


Nah, tema terakhir ini belakangan lumayan marak di Webtoon. Ada yang pintar mengolahnya sehingga ceritanya jadi terasa fresh. Namun, tak sedikit yang ceritanya kemudian bisa ditebak sehingga menjenuhkan. 

Oh iya ada yang spoiler di antara cerita-cerita dengan tema pengulangan hidup. Judul-judul dengan adanya unsur kehidupan kembali di antaranya The Peach of June, Lady Virtue's Contract Marriage, A Chance At Last, Leveling Up My Husband to the Max, My Reason to Die, Perfect Marriage Revenge, I'm the Queen in This Life, Marry My Husband, One Night with Emperor, dan Summer Miracle. Sebenarnya masih banyak lagi tapi yang pernah dan sedang kubaca adalah judul-judul tersebut. 

Memang sih tak ada yang salah dengan tema tersebut. Di film Hollywood saja tema seperti ini juga masih umum digunakan. Edge of Tommorow dan Source Code, misalnya. 

Bagus tidaknya cerita dengan tema pengulangan hidup ini bergantung pada kemasan dan alur ceritanya. Jika ceritanya unik, segar, dengan karakter-karakter yang kuat, serta konflik yang menarik maka ceritanya bakal tetap menarik dibaca. 

Berikut tiga komik Webtoon pilihanku dengan unsur pengulangan hidup. 

1. Summer Miracle

Sejak membaca Clueless Girl, aku jadi suka dan penasaran dengan karya-karya Seokwoo. Sebelumnya namanya menjulang lewat Orange Marmalade yang mengusung percintaan antara kaum vampire dan manusia. 

Ketika mulai membaca Summer Miracle, aku langsung jatuh cinta dengan kualitas dan gaya menggambarnya yang menawan. Art concept-nya unik dengan warna yang cerah tapi nyaman di mata. Karakter utama prianya digambarkan agak bloon dan kurang tampan dibandingkan teman-temannya. 

Cerita dimulai ketika empat sahabat berusia 17 tahun di sebuah musim panas. Jo Yakdol bersembunyi di bawah jembatan untuk melihat gadis pujaannya, Yoona. Choi Gosoo, teman Yakdol membantunya, tapi salah mengenalkannya ke Gong Yeonji, sahabat Yoona. Meski salah paham, keempatnya kemudian berteman akrab, hingga Yoona mengalami musibah yang membuatnya menarik diri. 

Sekilas ceritanya seperti kisah remaja biasa, tapi ceritanya lebih kelam dan memiliki kejutan dengan adanya unsur fantasi. Di sini dikisahkan bagaimana Yoona yang mengalami pelecehan dan gambarnya disebar, terpuruk dan kemudian mencoba untuk bangkit. Bagian yang menyedihkan ketika teman-temannya mengolok-oloknya dan tak ada yang mempidanakan kasusnya, padahal ia adalah korban dan penjahatnya berkeliaran di sekitarnya. 

Bagian paling wah ketika kemudian muncul unsur  fantasinya. Aku tak menyangkanya dan ini membuat cerita berkelok menjadi lebih baik. 

Perpaduan gambar yang indah, karakterisasi yang unik, dan cerita yang penuh kejutan membuat Summer Miracle menjadi salah satu komik favoritku di Webtoon. 


2. One Night with Emperor

Awal cerita komik ini biasa saja dan mirip dengan komik lainnya di Webtoon. Dikisahkan Penelope yang mabuk setelah dicampakkan kekasihnya bermalam dengan seorang pria. Ternyata pria tersebut kaisar. Sejak itu hidup Penelope berubah. 

Cerita Penelope alias Pepe ini banyak diwarnai intrik politik dan perang dingin dengan kerajaan tetangga. Namun yang bikin cerita menarik adalah sosok Bart si kaisar yang punya kemampuan sihir dan juga rivalnya dari Kerajaan Turan, pangeran Yul-Son. Bart tampan dan simpatik, sedangkan Yul-Son juga memikat. Pepe pilih mana ya akhirnya? 

Benarkah ada unsur pengulangan hidup di cerita ini? Ini kejutan sih di cerita karya Bloommy/INUs ini kalian baca sendiri ya. Komiknya lumayan panjang, ada 102 episode. 


3. Marry My Husband

Apabila kalian suka drakor dan opera sabun maka kalian akan menyukai komik berjudul Marry My Husband karya LICO/Sungsojak ini. Tokoh protogonisnya Kang Ji-Won mengalami nasib buruk hingga ia meninggal. Suaminya, Min-Hwan, selingkuh dengan kawannya, Soo-Min. 

Ketika ia terbangun, ia kembali ke masa lalu, sepuluh tahun silam di mana ia belum menikah. Menyadari kemunafikan kekasih dan kawannya, Ji-Won tak mau melakukan kesalahan yang sama. Ia pun memikirkan balas dendam yang manis. 

Ceritanya memang seperti sinetron. Tokoh antagonisnya demikian jahat dan licik. Tapi kemudian satu-persatu rencana jahat dibalas dengan cerdik oleh Ji-Won yang ternyata dibantu atasannya, Yoo Ji-Hyuk. 

Bagian menarik dari komik ini tentu saja bagian balas dendamnya. Ketika akhirnya satu-persatu sosok antagonis mendapat balasan setimpal akan kejahatannya, di situlah pembaca ikut merasa lega. Oh iya nama Indonesia suka disebut-sebut di sini sebagai salah satu cabang perwakilan perusahaan tempat Ji-Won bekerja. 

Itulah tiga cerita komik Korea alias manhwa dengan tema pengulangan hidup favoritku. Yang lain tidak buruk sih, bahkan masih suka kubaca. Cuma ada komik sejibun lainnya yang juga membahas tema yang sama. Aku sudah enggan membacanya, bosan.

Gambar dari Webtoon


Komentar

Postingan Populer