Kasus Pembunuhan Tujuh Keanehan di SMA oleh Kindaichi

 


Mumpung lagi ada diskon lumayan besar maka aku pun membeli cukup banyak edisi premium serial Detektif Kindaichi. Nah, dalam buku keempat ini, Kindaichi bekerja di sekolahnya. Ia membantu menemukan teka-teki dari misteri pembunuhan dengan korban adalah anggota klub misteri. Ada sesuatu misteri di gedung lama sekolah, membuat Kindaichi harus segera memecahkan teka-teki sebelum korban terus berjatuhan.

Ruiko Sakuragi sang ketua klub peneliti misteri adalah korban pertama. Ia pada malam itu menelpon Kindaichi dan memberitahunya ia telah memecahkan misteri ketujuh dari tujuh keanehan di sekolah.

Oh ya pada cerita ini latarnya adalah sebulan sebelum perayaan ulang tahun sekolah Kindaichi, SMA Fudo. Ada surat ancaman ditujukan ke sekolah oleh pihak yang menyebutnya penyihir sepulang sekolah. Ancaman ini muncul ketika pihak sekolah merencanakan untuk memugar bangunan lama yang menjadi lokasi klub misteri. Ruiko sendiri diduga menjadi korban penyihir sepulang sekolah karena hendak menyingkap misteri bangunan lama tersebut.

Ada tujuh keanehan. Lokasinya ada di pohon, sumur, ruang kelas, dan sebagainya. Tapi apa sebenarnya misteri ketujuh dan kenapa Ruiko yang menemukannya menjadi korban? Kindaichi semakin panas dan bergegas menyelesaikan misteri ini ketika Miyuki kemudian menjadi korban.

Ceritanya lagi-lagi dibumbui dengan mitos. Memang ada banyak kisah horor di sekolah dan mitos-mitos yang menyelimutinya. Di sini mitosnya rata-rata sadis karena umumnya berkaitan dengan nyawa manusia.

Cerita Kindaichi memang dingin menurutku. Korban ya korban untuk memecahkan misteri. Tapi unsur emosinya kurang. Yang menarik dari kisah Kindaichi adalah bagaimana ia membongkar cara pelakunya yang kadang-kadang terlalu imajinatif dan nampaknya begitu sadis si pelakunya. Di sini pelakunya sulit ditebak dan ceritanya memiliki unsur berlapis berkaitan dengan sejarah masa lampau.

Satu lagi yang agak minus di buku kali ini, ada banyak adegan minus di buku ini. Ada playboy yang suka melakukan pelecehan ke perempuan. Ia tak malu-malu melakukannya di sekolah. Ada juga para perempuan genit yang mencoba bermain mata dengan Kindaichi. Eh rasanya kok jadi kayak si Ryo dalam City Hunter lama-lama si Kindaichi-nya.

Komentar

Postingan Populer