"Only Human 2" yang Makin Apik

 


Omong-omong tentang komik Indonesia, aku jarang menemukan komik dengan tema cyberpunk dan distopia. Biasanya kebanyakan berupa manga. Oleh karenanya aku mengaku salut dengan komikus Mukhlis Nur yang mengangkat tema ini lewat komiknya berjudul "Only Human". Pada komik jilid 2 ini menurutku jalan ceritanya makin bagus.

Komik ini menceritakan sebuah masa di mana kesadaran manusia dipindahkan ke mesin. Lalu terjadi sebuah bencana besar sehingga ada banyak tanaman dan hewan muncul dari hasil mutasi. Robot-robot juga masih ada, hanya mereka umumnya beralih profesi, misalnya sebagai tukang kebun.

Di komik ini si profesor terus mencoba mencari tahu asal usul dan teka-teki kehadiran anak perempuan. Anak bernama Ely yang ditemukan di kapsul juga mulai bertanya-tanya dan keheranan mengapa orang-orang di sini semuanya nampak berbeda. Ia takut namun juga penasaran.

Rasa penasaran si dokter membuatnya mencari tahu ke berbagai pihak. Ia juga menuju perpustakaan kota. Ia mulai menyusun teori. Ada sesuatu menarik atau mungkin malah berbahaya berkaitan dengan kemunculan sosok Ely.

Menurutku cerita dalam komik ini semakin apik. Ceritanya makin kompleks dengan munculnya ancaman baru dan teka-teki seputar Ely. Kekuatan Yurika juga makin tereksplorasi.

Gambar-gambarnya juga makin apik dan detail. Menciptakan semesta cerita itu tak mudah. Di sini ada distopia dengan penghuninya yang unik di mana berhasil memikat pembaca untuk bertahan menyelesaikan cerita dan menunggu kelanjutannya.

Aku tak sabar mencari kelanjutan komik ini. Lagipula disinggung-singgung tentang proyek starchild. Ehm starchild apa yang dimaksud oleh si penulis?

Komentar

Postingan Populer