Tahukah Kamu Suku Apa Saja yang Ada di Indonesia

 



Coba tes pengetahuanmu tentang suku bangsa di Indonesia? Apabila Kalian hanya tahu beberapa suku bangsa seperti suku Banjar, Bajo, Osing, Sunda, Jawa, Melayu, Madura, Banten, dan Dayak, maka Kalian masih perlu belajar. Atau Kalian bisa sewa buku di iPusnas dengan judul "Suku-suku Bangsa di Indonesia" karya Anie Rahmawati.

Buku ini diterbitkan oleh Rubrik pada tahun 2018. Buku ini sebenarnya lebih cocok untuk anak sekolah atau pembaca pemula karena isinya hanya menyebutkan daftar suku bangsa yang ada di tiap provinsi.

Deskripsi tentang suku bangsa tersebut masih kurang. Tidak semua suku disebutkan di mana saja mereka berada, karakteristik budaya dan sebagainya. Agak disayangkan karena pastinya tiap suku memiliki sesuatu yang unik. Tapi mungkin ada buku lainnya yang lebih detail membahas tentang suku bangsa.

Buku setebal 80-an hal ini setidaknya memberikan informasi tentang betapa majemuknya negeri ini. Rupanya ada beberapa suku yang punah. Ini sungguh disayangkan, semoga ada warisan budaya dari mereka yang bisa dipelajari.

Oh iya juga ada suku laut lho di Sumatera. Juga ada suku dari India dan negara lainnya yang membaur dan menghasilkan suku lainnya yang unik dari segi perawakan san kebudayaannya.

Negeri ini begitu menarik dan warna-warni. Ragam suku bangsa ini adalah kekayaan Indonesia. Janganlah coba untuk diseragamkan. 

Komentar

Postingan Populer